Selasa, 06 Januari 2015

“Cat Anti Noda” Nissan Semakin Nyata

Tokyo, KompasOtomotif - April 2014 Nissan membeberkan rencana mereka mengembangkan “cat anti noda” yang membuat mobil seakan bisa membersihkan dirinya sendiri. Pengujian telah dilakukan pada prototipe hathback Note. Sekarang mobil listrik, Leaf, akan jadi ujian selanjutnya.
“Mobil 100 persen bertenaga listrik, Leaf, menjadi ‘kanvas’ yang sempurna buat teknologi cat canggih dan terbaru. Selain tidak pernah berhenti di stasiun pengisian ulang, Leaf juga tidak perlu dicuci,” kata Pierre Loing, Vice President, Product Planning, Nissan North America, Inc, seperti diberitakan Carscoops, Kamis (10/7/2014).
“Cat anti noda” membuat lapisan di antara bodi Leaf dan lingkungan sekitar. Di bagian eksterior, bodi mobil terlindungi lapisan khusus, superhydrophobic and oleophobic paint, yang disebut Ultra-Ever Dry. Fungsinya “mengusir” air dan minyak yang menempel.
Dari hasil pengujian di Eropa, Nissan mengatakan ada harapan besar. Inovasi baru pada cat bisa diandalkan dalam beberapa kondisi, seperti saat hujan, terkena cipratan, embun dan salju, serta melibas genangan air.
Dengan bangga Leaf bakal diklaim mobil paling bersih di dunia. Namun tujuan cat anti noda ini bukan untuk mobil produksi, melainkan akan dipasarkan sebagai produk aftermarket.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar